Pertemuan Pertama


Pertemuan Pertama

Kelas                     : LC01
Lecturer Code       : D2709
Lecturer Name      : Christofora Megawati T
Waktu                   : Jumat, 6 November 2015
Pukul                    : 09.00 - 09.45
Sekolah                 : SMP Triguna
Lokasi                   : Gunung Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah khusus ibukota Jakarta 12120
Jumlah Siswa        : +- 20
Hadir                     : +- 20
Ketua Anggota      : Naufal Ariq Ramadhan
Anggota                 : > Naufal Ariq Ramadhan
                                 > Dimas Ackyl Mohamad
                                 > Christian Gilbert
                                 > Rifa Mulya Saputra
                                 > Reynaldo Winata
Anggota yang tidak hadir
                                 > -


           Dalam pertemuan pertama ini kita berkesempatan memberikan pengarahan tentang  “Autism Is Not A Joke” kepada anak-anak SMP Triguna. Kita sampai di SMP Triguna pada pukul 09:00 setelah menyapa Ibu Wakil Kepala Sekolah ternyata kami diharuskan menunggu siswa-siswi selesai berlatih upacara bendera.Jadi kami menunggu sampai jam 12:30 setelah siswa-siswi istirahat barulah mereka berkumpul ke ruangan kelas untuk mengikuti kegiatan dari kami.

           Diluar dugaan ternyata anak SMP Triguna sangat sedikit yaitu gabungan seluruh angkatan (smp kelas 7,8 & 9) hanya sekitar 20 Siswa/i. Tapi itu tidak mengubah niat kami untuk memberikan pengarahan kepada adik - adik kami agar tidak menyalahgunakan kata "Autis". Presentasi pun dimulai, kita mulai dengan perkenalan, salam sapa, sedikit candaan dan pertama - tama kita menanyakan kepada mereka “siapa yang pernah mengejek temannya dengan kata autis?” kelas pun ramai dan gaduh, banyak murid yang menunjuk temannya ada juga yang tertawa dan ada juga yang langsung ditunjuk, tentu saja itu hanya bercandaan khas anak sekolah tapi kita disini ditugaskan untuk menghentikan prilaku buruk ini.

           Setelah itu kamipun meminta kembali perhatian mereka dan menjelaskan bahwa menjelek - jelekan teman dengan kata Autis itu salah karena menyinggung perasaan orang yang menderitanya dan keluarga penderitanya.Kamipun lanjut dengan Presentasi, Rifa Mulya sebagai pembawa presentasipun mulai menjelaskan isi dari presentasi. Dimulai dari apa itu autis, penyebabnya, gejala, dan tingkah laku para penyandang autis. Kami pun terus menghimbau siswa - siswi  untuk mengembangkan rasa simpati mereka untuk peduli bukan hanya kepada anak penderita autis tapi juga sesamanya.

           Sebelum kami menutup presentasi, Ackyl, salah satu anggota kami berbagi pengalamannya tentang anak autis.Bahwa dia dan temannya pernah dihukum karena menjahili anak autis dengan mengunjungi panti Rehabilitasi anak-anak special. Setelah mendengar cerita kak Ackyl, murid pun mulai tersadar dan terbangun rasa simpatinya. Setelah itu kami memulai sesi Tanya jawab dan anak - anak di kelaspun dengan antusias memberikan pertanyaan. Setelah semua selesai dan kami telah Menutup Presentasi. Kami meminta kepada para murid berkumpul untuk foto kenag-kenangan yang bisa dilihat di bawah halaman ini.

Kesimpulan
          Pertemuan kali ini berjalan lancer tanpa hambatan dan berlangsung tertib dan rapi. Siswa-siswi berlaku aktif dalam membantu kelancaran presentasi ini. Tapi ini baru pertemuan awal dan kami harus mengakui kemungkinan adanya kesalahan pada penyampaian kami dan kami harus terus berimprovisasi agar dapat memberikan penyuluhan yang lebih baik untuk adik-adik disini.




Form Evaluasi